Jumat, 30 Mei 2008

May: The Day After Tomorrow

Film buatan tahun 2004 ini saya posting untuk category baru blog watchitornot, yaitu jadul of the month ^_^.

Why this?

Karena film ini adalah salah satu film favorit saya sepanjang masa, hi hi lebai. Sebuah film garapan sutradara Roland Emmerich yang dibintangi oleh Jake Gyllenhal dan Dennis Quaid, menceritakan tentang petaka yang terjadi di dunia setelah terjadinya kerusakan besar-besaran di bumi.

Teorinya (di film ini lho) setelah terjadi global warming besar-besaran, akan terjadi pembalikan yaitu penurunan suhu dan akhirnya muncullah masa Ice Age 2, dimana suhu akan jatuh ke titik paling ekstrem dan semua yang ada di dunia ini akan membeku, sejarah ribuan tahun lalu akan kembali terjadi.

Yang membuat saya terpukau, selain special effect yang menunjukkan banjir besar yang menenggelamkan New York dan salju yang membekukan hampir separuh bagian dunia, ada banyak pesan moral dalam film ini.
Mereka dengan jelas (walaupun agak ekstrem) menunjukkan, akibat kerusakan-kerusakan yang dilakukan oleh manusia kepada bumi. Roland Emmerich juga seperti menyindir, ketika membuat seluruh bagian dunia utara, yang merupakan negara2 maju, membeku. Dan digambarkan mereka harus berbondong-bondong ke selatan, tempat negara berkembang dan miskin yang selama ini diremehkan, untuk mencari keselamatan. Such an ironic!

Tidak ada komentar: